Pengikut

Minggu, 30 Desember 2012

RPP Quran hadis kelas 7


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P ) -1

Madrasah                            :  MTs N Batam
Mata Pelajaran                   :  Al-Qur’an-Hadis
Kelas                                    :  VII / 2
Standar Kompetensi          :  5.      Membaca surat pendek pilihan
Kompetensi Dasar              :  5.1    Menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam QS Al Bayyinah dan Al Kafirun
Alokasi Waktu                    : 3 x  2 JP

A.     Standar Kompetensi
   5. Membaca surat pendek pilihan
  
B.     Kompetensi Dasar
5.1       Menerapkan hukum bacaan mim sukun dalam QS Al Bayyinah dan Al Kafirun
C.     Indikator
Menjelaskan macam-macam hukum bacaan mim sukun   
Mengidentifikasi  bacaan mim sukun dalam QS Al Bayyinah
            Mengaplikasikan bacaan mim sukun dalam Surat Al Bayyinah
D.     Tujuan Pembelajaran
§  Siswa dapat  menjelaskan macam-macam hukum bacaan mim sukun
§  Siswa dapat mencari hukum bacaan mim sukun dalam QS Al Bayyinah
§  Siswa dapat mempraktikkan bacaan mim sukun dalam Surat Al Bayyinah

C.     Materi Pembelajaran
§  Macam hukum bacaan mim sukun
§  QS Al Bayyinah

D.     Metode Pembelajaran
§  Peta Konsep: Metode ini digunakan untuk memudahkan pemetaan materi pembelajaran
§  Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
§  Demonstrasi: Kegiatan ini digunakan untuk mempraktekkan bacaan Q.S. al-Bayyinah
§  Tanya Jawab: Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkemaan dengan materi kegiatan pembelajaran

E.     Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
Apersepsi :
§  Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang lalu dan materi mim sukun
Motivasi :
§  Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari mim sukun
10  menit
2
Kegiatan Inti :
Pertemuan 1:
§  Siswa membaca literatur/referensi tentang hukum mim sukun.  (fase eksplorasi)
§  Siswa mengamati demonstrasi guru tentang  cara membaca mim sukun (fase eksplorasi)
§  Membuat peta konsep mim sukun (fase elaborasi)
§  Pameran bagan dan saling mengomentari (fase elaborasi)
Pertemuan 2:
§  Siswa mengidentifikasi lafazh dalam Q.S. al-Bayyinah yang mengandung hukum mim sukun dalam lembar kerja
§  Guru memberikan penilaian dan memberikan penguatan
Pertemuan 3:
§  Siswa mempraktekkan tatacara membaca mim sukun dalam Q.S. al-Bayyinah sementara yang lain memperhatikan dan mencatat m pokok-pokok penting dari hasil kegiatan pengamatan (fase elaborasi)
§  Penguatan tentang hukum mim sukun dan  dan cara membacanya (fase konfirmasi)
60 Menit
3
Kegiatan akhir :
§  Tanya jawab tentang materi hukum mim sukun serta tatacara membacanya.
§  Guru memberikan tugas untuk mencari contoh lafazh hukum mim sukun.
10 menit


F.      Sumber belajar dan media pembelajaran
§  T. Darsono dan Ibrahim, Pemahaman al-Qur’an dan Hadis 1, PT. Tiga Serangkai 2008, hal. 60.
§  Mahrus As’ad, Ayo Memahami al-Qur’an dan Hadis, Erlangga, 2009, hal. 45.
§  LKS
§  Kertas manila atau lainnya.






G.    Penilaian

Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
Skor

1.Siswa dapat  menjelaskan                          hukum mim sukun.





2. Siswa dapat mengidentifikasi  bacaan mim sukun dalam QS Al Bayyinah

3.Siswa dapat engaplikasikan bacaan mim sukun dalam Q.S. Al Bayyinah

Tes tulis






Tes tulis


Praktek

Uraian






Uraian


Lisan
1.    Jelaskan pembagian hukum mim sukun! Berilah penjelasan masing-masing!
Jawaban: Hukum mim sukun ada tiga yaitu:
a.       Idgham mutamatsilain/mimi: مْ  bertemu  م   
b.       Ikhfa syafawi:  ْم bertemu ب
c.       Izhhar syafawi: مْ bertemu selain ب dan   م

2.     Carilah 5  lafazh dalam Q.S. al-Bayyinah yang mengandung bacaan mim sukun!
Jawaban:
a.                                                                               لم يكن          : izhhar syafawi : مْ-  ي
b.                                                                               هم شرّ          : izhhar syafawi : ْم- ش
c.                                                                               هم خير         : izhhar syafawi : مْ- خ
d.                                                                              جزاء هم عند  : izhhar syafawi :مْ  -ع
e.                                                                               ربّهم جنت     :  izhhar syafawi : مْ- ج

3.    Praktekkan bacaan Q.S. al-Bayyinah dengan benar!
100






100









70-90
Mengetahui
Kepala MTs Negeri Batam




Dra. Sumiyarsih, M.Sc.
llllllllllllllqwerNIP. 196301141993032001   

Batam,   Januari 2013
Guru Bidang Studi Qur’an Hadits




Hj. Fatimatuz Zahro, S.Ag., M.Pd.I.
NIP. 197508122005012006

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar